Teruskan Cintamu Kepada Indonesia demi Kesejahteraan Anak-Cucumu

rinsip dasar yang harus dimiliki setiap orang dalam mengelola semua urusan adalah menyadari terlebih dahulu bahwa pertama-tama dia adalah manusia, kedua abdullah atau hamba Allah, dan ketiga adalah khalifatullah alias pengelola urusan. Sebelum seseorang layak mendapat amanat sebagai pengurus kehidupan, maka terlebih dahulu dia harus menjadi manusia yang bagus kemanusiaannya dan kemudian sungguh-sungguh menjadi hamba Allah yang memiliki hubungan dan sikap yang benar kepada Allah. Begitulah inti paparan Cak Nun mengawali uraian pengajian rutin Gambang Syafaat di pelataran Masjid Baiturrahman Simpang Lima Semarang 25 Mei 2007 lalu yang diselenggarakan oleh Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman (Ikamaba).

Cak Nun juga mengajak para jamaah untuk menarik pelajaran dari setiap kejadian-kejadian yang menimpa bangsa Indonesia. “Apakah anda menyangka akan terjadi gempa (27 Mei 2006)? Apakah anda pernah menyangka akan terjadi gempa dan tsunami di Aceh? Apakah kejadian-kejadian yang terjadi selama ini sudah anda sangka dan duga sebelumnya?” tanya Cak Nun kepada hadirin. “Karena itu mengapa kita harus mengandalkan sangkaan-sangkaan?” tanya Cak Nun penuh nada reflektif.

Lebih jauh Cak Nun menjelaskan bahwa yang bisa dilakukan oleh manusia adalah tidak boleh terlalu berani menyikapi kemungkinan kejadian, misal bencana, karena di dalamnya terkandung sikap sombong kepada Allah. Tetapi kita juga tidak boleh terlalu takut berlebihan, sebab itu mencerminkan sikap tidak tawakkal kepada Allah.

Didampingi Kiai Budi Hardjono, yang selalu menyampaikan narasi-narasi cinta dan suluk-suluk kerinduan pada Allah serta diiringi alunan seperangkat alat musik, Cak Nun juga dengan tegas menyampaikan kepada jamaah bahwa acara seperti Gambang Syafaat sesungguhnya ungkapan cinta kepada bangsa Indonesia kendatipun mungkin ungkapan cinta itu tidak diperhatikan banyak pihak dan mungkin tak berpengaruh langsung bagi nasib bangsa Indonesia. Itu semua, papar Cak Nun, “adalah piutangmu pada Allah yang kelak akan dibayarkan oleh-Nya berupa kesejahteraan untuk anak-cucu kita,” sembari dikutipnya ayat Allah yang menjelaskan bahwa barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan menggantinya dengan ganti yang berlipat ganda.

Pengajian Gambang Syafaat, salah satu dari lima pengajian serupa di lima kota lainnya yang setia diasuh Cak Nun, yang bersemangatkan “Untuk Kesejahteraan dan Kebersamaan Indonesia” dihadiri berbagai kalangan masyarakat, mulai kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu, kawula muda, aktivis politik, para pencari kedalaman dan kearifan, orang-orang jalanan, hingga orang yang tertepikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada seorang perempuan yang mengalami keterbelakangan mental yang begitu mendengar Cak Nun mendendangkan syair Tombo Ati langsung ikut menggerakkan badan dengan ekspresi wajah bahagia dan mata yang tak henti-hentinya memandang ke arah panggung seolah ikut merasakan indahnya cinta sesama manusia dan cinta kepada Allah dan Nabi Muhammad.

 

Sumber : http://www.padhangmbulan.com

  1. #1 by Padhangmbulan.com on July 19, 2007 - 8:30 am

    Nice site….

    Alangkah lebih baik kalau anda menyertakan sumber asli tulisan. Kami bangga dengan website anda yang mau me review tulisan-tulisan dari website kami.

    Terima kasih.

    Regards,
    Admin Padhangmbulan.com

  2. #2 by abumie on July 20, 2007 - 1:53 am

    to admin padhangmbulan.com,

    terima kasih atas pemberitahuannya, beberapa tulisan dari padhangmbulan .com memang sudah saya beri asal sumber tulisan namun mungkin karena kekhilafan saya mohon maaf, sekarang sumber tulisan sudah ada di akhir tulisan.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: