Khasiat Minyak Kelapa Murni Mampu Obati Sakit Kelamin

 

     
 
MINYAK kelapa murni memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Masyarakat telah mengenal minyak kelapa murni (virgin coconut oil) untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu sering juga dimanfaatkan dalam perawatan kulit.
 
Minyak kelapa murni tidak mengandung kolesterol, namun kaya akan senyawa asam laurat. Asam lemak jenuh rantai sedang yang terdapat pada minyak kelapa murni dapat menciptakan kenetralan terhadap kolesterol.
Berbeda dengan minyak goreng biasa, pengolahan secara fermentasi membuat kandungan vitamin E, asam laurat, serta enzim lain pada buah kelapa tetap utuh meski telah diolah menjadi minyak. Sifat dari asam lemak ini mirip dengan asam lemak pada air susu ibu yang mampu memberikan ketahanan tubuh dan berefek membunuh virus.
Minyak kelapa murni memiliki warna bening seperti air, hal ini disebabkan ketika proses fermentasi/pemanasan, dilakukan juga proses penyaringan dan penjernihan dengan menggunakan absorben zeolit. Zat ini akan menyerap kotoran dan membuat warna minyak bening.
Menurut Dosen Teknologi Pascapanen Hortikultura, Fakultas Teknologi Pertanian Unud, Dr. Ir. Bambang Admadi Harsojuwono, warna kuning pada minyak goreng pada umumnya diakibatkan penggunaan beta karoten sebagai zat anti oksidan agar minyak goreng tahan lama. Beta karoten dapat menyebabkan warna menjadi kuning karena kaya akan vitamin K.
Umumnya minyak goreng biasa mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh rantai panjang, sehingga membuat minyak goreng mudah rusak. Inilah peran aktif beta karoten, yakni membuat minyak goreng lebih awet.
Asam laurat yang merupakan asam jenuh rantai sedang yang terkandung dalam minyak kelapa murni mudah pecah dan lebih banyak menghasilkan energi, sehingga mampu melancarkan sistem metabolisme. Hal ini dikarenakan asam laurat dalam tubuh manusia akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat antivirus, antibakteri, antiprotozoa.
Selain asam laurat, minyak kelapa murni mengandung asam kaprat yang bisa diubah menjadi monocaprin. Manfaatnya, minyak kelapa ini bisa mengobati beragam penyakit kelamin, seperti herpes simplex virus-2 (HSV-2) dan HIV-1, serta bakteri neisseria gonorrhoe.
Lemak jenuh rantai sedang yang terdapat dalam minyak kelapa murni sangat bermanfaat dalam mengontrol berat badan terutama penderita obesitas yang merupakan penyakit sebagai akibat pola makan yang salah. Asam lemak jenuh tidak disimpan sebagai cadangan energi melainkan langsung dibakar untuk menghasilkan energi.
Untuk itu minyak kelapa murni memiliki manfaat yang besar untuk melancarkan metabolisme tubuh dan dipercaya manfaatannya untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan virus atau bakteri, antara lain mendukung sistem kekebalan, mengurangi resiko arterosklerosis, mencegah infeksi virus, memperbaiki sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi serta membantu mengatasi HIV/AIDS. –lik
—————————-Membuat Minyak Kelapa Murni

Teknik Pengolahan dengan Pemanasan:
Pengolahan ini dilakukan secara tradisional yaitu pemanasan krim santan serta pemanasan minyak. Bahan baku utama minyak kelapa murni adalah buah kelapa segar yang sudah tua, matang, umur buah 11-12 bulan yang dapat menghasilkan rendemen minyak yang optimal, serta masih memiliki kandungan air buah. Jenis kelapa yang baik digunakan adalah jenis kelapa dalam dan hibrida lokal karena komponen dagingnya lebih tebal serta buahnya berukuran besar. Sarana pendukung yang diperlukan dalam proses ini yakni panci email, digunakan untuk pemanasan minyak mentah pada proses pemanasan kedua, panci ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi antara minyak dan panci. Wajan besi/ logam digunakan ketika proses pemanasan krim santan hingga terbetuknya blondo. Saringan, corong, ember plastic transparan untuk tempat fermentasi santan hingga terbentuknya lapisan krim santan .
Proses pembuatan minyak kelapa murni dengan pemanasan meliputi pembuatan santan dan pemisahan krim santan. Santan yang telah diperoleh didiamkan selama 2-3 jam sampai memisah antara krim santan dengan skimnya. Skim santan bisa dibuang dan krim santan dipanaskan hingga terlihat adanya pemisahan antara blondo dengan minyak. Agar hasil minyak lebih bagus, saring minyak untuk memisahkannya dengan blondo. Minyak dipanaskan pada suhu 100-110 oC. Minyak didinginkan dan disaring dengan kertas saring.

Teknik Pengolahan tanpa Pemanasan:
Proses pengolahan dengan menggunakan enzim atau mikroba penghasil enzim-enzim yang berperan pada pemisahan ikatan lemak, protein, dan karbohidrat. Pada proses ini digunakan minyak pancing dan batu zeolit. Minyak pancing merupakan minyak yang telah mengandung mikroba pengurai untuk memecahkan emulsi santan sehingga minyak dapat terpisah. Mikroba pengurai yang digunakan berupa Candida utilis, Sacharomyces cerevisiae, atau Lactobacillus. Prses pengolahan diawali dengan pembuatan santan dengan perbandingan kelapa dan air 1 kg : 4-6 liter air, selanjutnya santan didiamkan 2 jam sampai diperoleh krim santan. Krim santan dicampur dengan minyak pancing, campuran tersebut difermentasikan selama 10-12 jam. Setelah melalui proses fermentasi campuran tersebut akan terdiri dari tiga lapisan yakni lapisan atas berupa minyak kelapa murni, lapisan tengah blondo, dan lapisan bawah berupa air. Minyak kelapa murni yng diperoleh belum sempurna karena masih bercampur dengan kotoran, untuk itu diperlukan penyaringan dan penjernihan dengan zeolit atau filtrat.

Teknik Pengolahan dengan Fermentasi dan Pemanasan
Proses pengolahan minyak kelapa murni ini diawali dengan proses fermentasi krim santan selama 24 jam dengan menggunakan media starter air kelapa yang telah didiamkan 2-4 jam dengan jumlah 10% dari jumlah krim santan. Selanjutnya dilakukan pemisahan minyak mentah dan pemanasan minyak.—lik

Oleh arixs

  1. #1 by ANNA on May 17, 2008 - 9:01 am

    Ass….. NA mahasiswa fak Farmasi….. Na dpt ntgas nyari tamanan pa aza yang bisa ngobatin HIV AIDS… bs tolongin gaaaaa…. mks

  2. #2 by Samuel on March 27, 2011 - 3:51 am

    Om Kalo saya Mau Tahu Minyak Kelapa Murni Dikual Dimana Om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: