Pil KB Membuat Gemuk?

Pil KB Cenderung Membuat Gemuk? Bisa jadi! Ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnya. Kandungan hormon dalam pil (estrogen dan progesteron) dapat mengubah metabolisme cairan di dalam tubuh. Seringkali dapat menyebabkan retensi cairan (edema).Wanita para pengguna pil ini, dapat mengalami kenaikan berat badan (bb) sampai 10 Kg. Kenaikan ini biasanya merupakan efek samping yang muncul temporer. Dan biasanya terjadi pada bulan pertama selama 4-6 minggu.

Penurunan asupan garam akan menurunkan kenaikan cairan. Jadi Anda harus menurunkan atau menghentikan makan camilan yang banyak mengandung garam selama penggunaan pil KB.

Hormon yang sering digunakan untuk mengatur kehamilan juga seringkali bisa mengurangi atau bahkan meningkatkan nafsu makan. Sehingga bb bisa turun atau naik. Kalau hal tersebut terjadi, sebaiknya segera diskusikan ke dokter.

Anda juga sebaiknya berkonsultasi bila ingin mengganti pil yang kandungan dosisnya berbeda. Berdasarkan penelitian yang ditulis Journal Contraception, beberapa waktu lalu, efek samping seperti muntah dan payudara mengeras, terjadi pada hampir 1/3 pengguna pil KB yang dosis estrogennya lebih rendah.

Konsultasi juga penting, apalagi bila mendapat gangguan haid dalam 2-3 kali periode. Atau terjadi pembengkakkan di daerah kaki, sakit kepala, pusing, malas, pandangan kabur, mati rasa, gangguan bicara, sakit leher, nafas pendek-pendek, atau sakit di bagian perut.

Gejala-gejala tersebut bisa mengindikasikan kondisi yang serius, seperti gangguan jantung, penyumbatan darah yang tidak normal. (ASTAGA.COM/susandijani)

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: