Menampilkan Folder dan File yang Hilang oleh Virus


 

 

Hilangnya File atau Folder pasti ada sebabnya untuk hal yang seperti ini kehilangan tersebut disebebkan oleh virus dengan menggandakan file atau folder yang asli, file atau folder asli tersebutlah yang di hilangkan oleh virus.

Untuk ngebedain antara yang asli atau palsu, lihat aja extensinya, yakni 3 huruf di belakang nama file dan diawali dengan titik. misalnya, kita punya file Ms. Word, extensinya fileword.doc, fileword.rtf dst. Untuk folder tidak punya extensi.

Dengan begini kita jadi tau, mana yang asli dan yang bukan. kalo yang ketangkep ama AVG berextensi -misalnya:- fileword.exe atau fileword.scr, maka bisa dipastiin virus, jangan ragu walaupun iconnya sama dengan Ms. Word. Untuk folder biasanya diduplikasi dengan extensi .scr atau .exe, jangan ragu juga walaupun tampilan iconnya sama dengan folder yang berwarna kuning.

Lalu file yang asli kemana?

Jangan panik, buka command prompt: Start –> All Programs –> Accessories –> Command Prompt.

1. Arahkan ke drive FD, misalnya terletak di drive F:, ketik “F:” (tanpa tanda petik tentunya) enter. akan muncul: F:\

2. Ketik: “attrib -s -h -r *.* /s /d” enter. Akan blank beberapa saat tergantung banyaknya file yang disembunyikan. setelah muncul prompt F:\ lagi, coba lihat FD pake Windows Eksplorer. sekarang kelihatan khan file dan folder yang hilang?

3. Jangan senang dulu, mungkin ada beberapa virus yang belum ketangkep, sekarang klik menu View –> Details. Tampilan di windows akan berubah ke bentuk detail berdasarkan kolom: Name, Size, Type dan Date Modified.

4. Lebih baik Perintah “attrib -s -h -r *.* /s /d” ini jangan dilakukan per Dirve, Misalnya C: atau D:, akan tetapi per folder saja, misalnya: C:\mydocument , atau D:\Dataku dan lain sebagainya

4. Urutkan berdasarkan tipe file, caranya klik tab / tombol Type (tanda segitiga akan berpindah ke tab Type tersebut dan segitiga tersebut menghadap ke atas). Dari sini akan ketahuan mana yang folder asli dengan yang bukan, mana yang file word asli dengan yang palsu. Kenapa? karena pengurutan secara alphabetically (A-Z) pada tipe file, maka Folder yang tidak berekstensi akan berada pada urutan paling atas, sedangkan folder palsu yang berekstensi .exe, atau .scr akan berada di tengah atau bawah (tepatnya terpisah dengan folder asli, atau akan keliahatan jalang (terbuang dari kumpulannya)). Begitu juga dengan file word.

5. Untuk ngebuktiin ekstensi apa yang sedang di sandang, buka Explorer: klik menu: Tool –> Folder Options –> Tab View –> Pilih “Show hidden files and folders”, Hilangkan tanda centang “Hide extensions for known file types” dan juga “Hide protected operating system files (Recommended)”. Dari sini akan kelihatan virusnya

6. untuk lebih gampang download software ansav, software ini bekerja dengan otomatis menampilkan folder/file yang hilang akibat virus.

  1. #1 by sugoistanley on June 29, 2007 - 6:52 am

    mas blog saya jadiin Blogrools mas dong oke!
    salam kenal

  2. #2 by abumie on July 2, 2007 - 2:50 am

    tolong kirim alamat blognya yah nanti kalo saya ga sempet bisa ade saya yang masukin, salam kenal juga

  3. #3 by Erif on September 4, 2007 - 1:11 am

    Bgaimna mngembalikan RUN COMMAND yg hilang diakibatkan virus, bisakah dkembalikan melalui regedit? Apa langkah2 yg perlu dlakukan? Mohon bntuanx.. Thanks..

  4. #4 by Raya Vexed on February 7, 2009 - 2:40 pm

    mangtabh….

  5. #5 by Mr.rius on April 24, 2009 - 4:21 am

    Keren mas,,,tp mas kalo pada saat d scan pke anvas terdapat file exe yg terditeksi padahal itu software yg belum diinstal,apakah palsu dan harus dihapus?,mas bls ke email saya dark.blackest@yahoo.co.id

  6. #6 by ilan on November 11, 2009 - 2:57 pm

    thanks ya bro info na?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: