Manfaat Pisang

Makan Pisang, Meredakan Perut Mulas

Pisang bukan sekadar buah meja, tapi dapat menyumbang energi, kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena itu jangan sepelekan pisang. Ambil sebuah lalu makanlah, maka perut tidak hanya merasa kenyang, tapi juga bebas dari rasa mulas. Dan manfaatnya lebih dari itu…

SIAPA pun mengakui bahwa pisang adalah buah serba guna. Cocok untuk makanan bayi, tepat untuk bekal sekolah dan bermanfaat untuk ditenteng ke kantor. Bagi yang kesehatannya terganggu, pisang merupakan salah satu menu untuk memulihkan kebugaran tubuhnya. Begitu pula bagi mereka yang sembuh dari sakit, pisang merupakan salah satu buah favorit.

Seperti diungkap Health Today (Mei 2007) setiap fans Elvis Presley tahu bahwa aktor pujaan mereka ini adalah salah satu pecandu pisang goreng. Tirulah kebiasaan memakan pisangnya, tapi jangan kecanduan pada yang digoreng.

Di Indonesia, pisang dapat diubah menjadi berbagai bentuk olahan. Bisa dibuat dodol, selai, keripik, direbus, dipanggang dan dijadikan berbagai jenis kue. Pernah meminum bananas split? Es krim dari pisang ini rasanya luar biasa lezat. Pisang memang luwes diolah menjadi bahan konsumsi apa pun.

Sebagai buah meja, pisang merangsang siapa pun untuk mencomotnya. Pisang adalah salah satu buah yang paling gampang dikonsumsi. Tak butuh pisau untuk mengupasnya. Ketika disimpan dalam almari es, meski kulitnya telah berubah coklat, buahnya tetap putih bersih. Kita tidak perlu mencuci pisang bila akan memakannya. Kalau belum matang, bungkus saja dengan kertas koran, maka dalam beberapa hari akan matang.

KINI pisang sudah dibudidayakan dalam skala industri, untuk tujuan ekspor. Pengelolaannya membutuhkan manajemen yang baik, meliputi perencanaan, pemilihan lokasi, penggunaan bibit bermutu, pemeliharaan kebun, penanganan pra dan pasca panen dan yang utama adalah kontinuitas pemasaran.

Pisang pada umumnya, amat baik dikebunkan atau ditanam pada dataran rendah hangat bersuhu 21-31 derajat Celcius dan beriklim lembab. Meski demikian, pisang masih dapat berkembang secara baik sampai ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Di dataran tinggi, umur berbuah pisang menjadi lebih panjang dan kulit buahnya pun cenderung jadi lebih tebal. Topografi yang dikehendaki berupa lahan datar dengan kemiringan delapan derajat dan terletak di daerah tropis.

Pisang akan mati di kawasan dengan suhu di bawah 13 derajat Celcius, atau di atas 38 derajar Celcius. Pertumbuhan optimal pisang dicapai di daerah dengan curah hujan di atas 2.000 milimeter yang merata di sepanjang tahun.

SEDERET manfaat dapat diperoleh dengan membudidayakan pisang. Baik untuk menunjang kebutuhan sehari-hari maupun dalam pengobatan tradisional. Moyang kita punya banyak pengalaman dalam menyembuhkan beragam gangguan kesehatan dan penyakit dengan menggunakan bagian-bagian tanaman pisang.

Ketika terjadi luka bakar, misalnya, moyang kita segera mengambil pupus (tunas daun) daun pisang, dilembutkan lalu diturapkan pada bagian yang sakit. Kemudian untuk mengatasi demam nifas, mereka menggunakan 3/4 kepal tangan teras (bagian dalam) batang pisang biji, dicuci dan diparut, diremas dengan 2 sendok makan air garam dan disaring, hasilnya diminum sekaligus. Lakukan cara ini 2 kali sehari hingga demam menurun.

Bagaimana cara pisang melawan disentri?

Ada dua jenis pisang yang dapat digunakan. Yakni pisang kapok dan pisang biji. Bila menggunakan pisang kapok, ambil 10 kuntum bunganya, dicuci bersih lalu dikunyah hingga halus ditambah garam seperlunya. Setelah halus langsung ditelan, disusul dengan minum air teh hangat. Lakukan cara ini 2-3 kali secara teratur hingga sakit sembuh.

Bila menggunakan pisang biji ambil 3/4 kepal tangan umbinya, lalu diparut dan diperas dengan sedikit air garam, hasilnya diminum sekaligus. Lakukan secara teratur hingga disentri mampat.

  1. Stuffeasy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: